Jumat, 24 Februari 2023

Pilih kerja ikut orang lain atau usaha sendiri

Pilih kerja ikut orang lain atau usaha sendiri - Pertanyaan ini sering kita rasakan disaat di hadapkan dengan dua pilihan.

Mengapa pertanyaan ini muncul, pilih kerja ikut orang lain atau usaha sendiri, karena setiap saat pikiran kita menerima ribuan informasi dari berbagai sumber.

Ini yang meyebabkan banyak orang bingung untuk menentukan mau kerja ikut orang lain ataukah mau membuka usaha sendiri.

Antara bekerja di perusahaan ikut orang lain dan membuka usaha sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.



Sebelum saya membantu menyelesaikan masalah ini maka terlebih dahulu kita kupas keuntungan dan kekurangan kerja atau usaha sendiri.

1. Penghasilan

Jika kerja ikut orang lain sudah bisa di pastikan pengasilanya tetap bahkan bisa naik walaupun tidak banyak dan resikonya kecil paling cuma di phk itu saja.

Sedangkan jika usaha sendiri pengasilanya tidak pasti, kadang kecil kadang besar dan besar banget sedangkan resikonya ya bisa saja bangkrut.

2. Waktu 

Jika bekerja di perusahaan ikut orang lain maka waktunya harus tepat, misal jam kerjanya 8 jam sehari belum berangkat dan pulang kerja maka waktu yang kita habiskan untuk bekerja ikut orang laina yaitu sekitar 12 jam sehari.

Sedangkan jika membuka usaha sendiri untuk pertama kali membuka banyak waktu yang harus di gunakan bisa hampir 24 jam memikirkan usahanya, namun jika sudah bejalan maka waktu kita yang atur dan tidak terikat waktu.

3. Masa depan

Tidak ada yang tahu secara persis mengenai masadepan kita dalam hal bekerja dan membuka usaha, namun jika anda bekerja ikut orang lain anda bisa memperoleh ilmu sehingga kedepan bisa di praktekan untuk membuka asaha sendiri itu positifnya, jika masalah penghasilan tentu seberapa lama anda bekerja tidak akan dapat melebihi gaji atasan.

Jika anda menbuka usaha sendiri, maka anda bisa menyiapkan masa depan anda dengan menyisihkan sebagian penghasilan  bahkan bisa membuka cabang lebih banyak.

Itulah 3 perbandingan yang perlu di ketahui sebelum memutuskan mau bekerja ikut orang lain apakah mau membuka usaha sendiri.

Saran saya:

Jika anda belum memiliki keterampilan dan belum banyak tanggungan maka saya sarankan untuk tetap bekerja sambil belajar dan menabung, sehingga ketika sudah saatnya anda bisa membuka usha sendiri tanpa bingung mencari tempat belajar dan mencari modal.

Jika anda sudah banyak tanggungan, namun masih cukup dengan pengasilan dari bekerja, anda bisa bekerja terlebih dahulu sambil mencari peluang usaha yang tepat untuk anda jalani.

Jika anda sudah tua dan ingin bebas waktu, tidak mau di atur sana sini oleh orang, maka anda bisa membuka usaha denga meyisihkan waktu untuk sedikit belajar kepada yang sudah berhasil di bidang usaha tersebut.

Catatan penting: 

Apapaun profesi anda bekerja ataupun membuka usaha sendiri, jangan sampai punya keinginan untuk meminjam uang yang berbunga karena itu bisa menghancurkan masa depan anda dunia dan akhirat.


Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar